Dampak Kenaikan Harga BBM Bagi Rakyat Kecil

      Dampak atau pengaruhnya naiknya harga bbm bagi rakyat kecil sangat menyusahkan. Angka kemiskinan dipastikan makin lebih tinggi dari sebelumnya. Berbagai aksi demonstrasi menentang kebijakan pemerintah pun di gelar secara besar besaran dimana mana. Mahasiswa, yang disebut sebagai agen perubahan menjadi pemimpin dalam tiap demonstrasi untuk membela rakyat kecil.

      Para mahasiswa turun ke jalan jalan dan mendatangi gedung pemerintah untuk menyuarakan aspirasi. Mereka menuntut kepada pemerintah SBY untuk segera mencabut kebijakan kenaikan harga bbm yang akan diberlakukan mulai 1 april 2012. Dalam pandangan mahasiswa, harga bbm tidak boleh dinaikkan, karena kenaikan harga bbm akan berdampak luas di masyarakat. Dari beberapa pengamatan di lapangan, setidaknya ada beberapa dampak penting atas kenaikan harga bbm ini. Pertama, kenaikan harga bbm memicu naiknya harga bahan pokok dan kebutuhan manusia. Baru ada kabar bbm mau naik saja harga barang barang langsung dinaikkan. Sehingga bahaya kelaparan dan kurang gizi pun mengancam pada rakyat kecil, mereka bisa kesulitan dalam memperoleh bahan pokok akibat tak memiliki uang cukup. Bagi keluarga pas pasan yang memiliki bayi dalam pertumbuhan, tak akan mampu membeli susu akibat harga naik berlipat lipat. Dampak kenaikan harga bbm yang kedua adalah akan muncul pengangguran baru dalam jumlah lebih besar. Kalaupun tersedia lapangan kerja mungkin upah yang diterima tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

      Para pengusaha terpaksa memangkas dan menurunkan gaji karyawan akibat tingginya biaya produksi. Terus apakah kenaikan harga bbm berdampak pada para PNS, polisi, ABRI, Dokter, dan aparatur pemerintah lainnya? Tidak, mereka tak akan terlalu merasakan dampak kenaikan harga bbm di negeri ini. Dokter misalnya, selain telah menerima gaji resmi dari pemerintah dan berbagai tunjangan, ia juga bisa membuka praktek di rumah, doker pemerintah tak akan terkena dampak apapun akibat kenaikan harga bbm. Begitu juga dengan aparatur pemerintah lain, mereka telah diberi jaminan keamanan dalam masalah financial dari pemerintah. Anggota DPR, pusat dan daerah pun tak akan terlalu merasakan dampak kenaikan harga bbm. Mereka adalah segelintir manusia yang tetap bisa aman dari pengaruh buruk kenaikan harga bbm. Mereka adalah manusia manusia yang dibayar oleh rakyat, mereka digaji dari harta yang diberikan oleh rakyat, tapi mengapa kebijakan mereka menyengsarakan rakyat ?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: