HomeBisnisBisnis

HomeBisnisBisnis

ANTARA/Muhamad Nasrun
Bagikan
Berita Terkait
• BI: Inflasi Tahun Ini Bisa 4 Persen
• Tarif Tol Naik, Pengusaha Diminta Tak Naikkan Ongkos Angkutan
• Inflasi Solo Paling Rendah
• Bank Dunia Minta Cina Genjot Konsumsi Domestik
• Surplus Ekspor Indonesia Makin Tipis
Topik
• inflasi
• Badan Pusat Statistik (BPS)

Jum’at, 18 November 2011 | 16:57 WIB
BPS: Inflasi 2011 Tak sampai 4,5 Persen
Besar Kecil Normal
TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heryawan mengatakan tingkat inflasi tahun 2011 diperkirakan akan berada di bawah 4,5 persen. “Ini kan sudah mendekati (4,5 persen), ya. Rasanya mungkin bisa di bawah 4,5 juga tahun ini,” katanya di kantor Wakil Presiden Jakarta, Jumat 18 November 2011.

Rusman mengatakan sebelum pemerintah mengumumkan deflasi pada bulan lalu, tingkat inflasi sampai akhir tahun memang diperkirakan berada di kisaran 4,5-5 persen. Saat ini tingkat inflasi sudah mendekati 4,5 persen. Ia mengatakan cukup optimistis tingkat inflasi bulan ini akan tetap berada di bawah 4,5 persen.

“Sampai minggu kedua ini. Kalender year kira-kira, ya. Target tahunan. Kayaknya realisasinya juga akan lebih kuat ke bawah, di bawah 4,5 persen,” tutur dia. Tingkat inflasi memang cenderung mengalami kenaikan meski tidak seperti tahun lalu. Inflasi tahunan juga diyakini tidak akan turun sampai kisaran empat persen.

Harga beras menjadi faktor pemicu inflasi yang masih diwaspadai pemerintah. Apalagi harga beras di akhir tahun selalu naik karena faktor kelangkaan stok. Tapi, mencermati perkembangan harga mingguan dan harian beras, diperkirakan harga beras tidak banyak menjadi pemicu inflasi tahun ini.

“Walaupun ada trend bit by bit, secara gradual harga beras naik tapi tidak seperti peristiwa tahun 2010 yang ‘deng’ gitu, kan. Baru satu persen sampai dua persen harga beras,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: