Gaji di Bank Dunia Rp 4,288 Miliar

Gaji di Bank Dunia Rp 4,288 Miliar

Orin Basuki | Edj | Rabu, 5 Mei 2010 | 15:31 WIB
\\\ Kompas Images/Kristianto Purnomo Menteri Keuangan Sri Mulyani saat wawancara khusus di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.
TERKAIT:
• Citi: SMI Pindah Karena Tertekan Politik
• Kwik: Keputusan Presiden Aneh!
• Menkeu Baru Lanjutkan Kebijakan SMI
• SBY: Kita Kehilangan Menteri Terbaik
• Presiden: Saya Setuju
JAKARTA, KOMPAS.com — Pendapatan yang akan diperoleh seorang direktur pelaksana Bank Dunia secara keseluruhan sekitar Rp 4,288 miliar per tahun. Ini sudah termasuk gaji pokok, tunjangan dana pensiun, dan manfaat lainnya dalam satu tahun.

Demikian laporan keuangan Bank Dunia yang dipublikasikan di Washington tahun 2009 yang diperoleh Kompas di Jakarta, Rabu (5/5/2010). Laporan keuangan itu untuk bagian Remunerasi Pejabat di Level Eksekutif Manajemen, Direktur Eksekutif, dan Staf periode 1 Juli 2008 hingga 30 Juni 2009.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa gaji pokok Direktur Pelaksana Bank Dunia yang dijabat Juan Jose Daboub mencapai 347.050 dollar AS per tahun atau sekitar Rp 3,123 miliar per tahun. Selain itu, Daboub juga menerima manfaat berupa premi dana pensiun yang mencapai 52.752 dollar AS dan manfaat atau tunjangan lain yang totalnya mencapai 76.698 dollar AS per tahun. Dengan demikian, total remunerasi yang diterima adalah 476.500 dollar AS atau sekitar Rp 4,288 miliar.

Posisi Daboub akan digantikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai 1 Juni 2010. Pinangan Bank Dunia untuk mengangkat Sri Mulyani itu sudah disetujui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Gaji pokok yang diterima Daboub merupakan ukuran terendah pada posisi direktur pelaksana Bank Dunia. Pasalnya, gaji pokok untuk direktur pelaksana lainnya, seperti Ngozi N Okonjo-Iweala mencapai 351,740 dollar AS per tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: