kenaikan harga gabah 15% dari HPP

JAKARTA – Direktur Utama Perusahan Umum Badan Urusan Logisik (Bulog) Sutarto Aliemoeso menjelaskan harga gabah saat ini berada 15 persen di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

“Harga sekarang stabil pada posisi sekitar 15 persen di atas HPP, sudah empat minggu ini, ya 10-15 persen lah kira – kira,” ujar Sutarto saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Dengan harga masih 15 persen di atas HPP dan pada bulan April sudah memasuki puncak panen, diharapkan akan terjadi penurunan harga paling tidak lima persen. “Karena kan Jawa Barat panen, Lampung juga panen, mudah-mudahan masih ada sedikit penurunan harga sekitar lima persen,” ujar dia.

Dengan demikian dia memperkirakan dengan adanya musim panen raya April nanti maka harga gabah tidak akan melebihi 10 persen  dari HPP yang ditentukan pemerintah. “Di atas HPPnya mentok disekitar 10 persen kalau bayangan saya,” tambahnya.

Seperti diketahui, secara sederhana inflasi diartikan sebagai meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.

Menurut data yang dilansir BPS, deflasi Maret disumbang oleh penurunan harga barang-barang bergejolak. Penurunan tertinggi terjadi cabai merah yang harganya turun 30,5 persen atau menyumbang deflasi 0,23 persen.

Sekedar informasi HPP gabah dan beras tahun 2010, GKP (Gabah Kering Panen) Rp2.640 per Kg, GKG (Gabah Kering Giling) Rp3.345 per Kg dan beras Rp5.060 per Kg. Setelah adanya kenaikan Rp200 per Kg, maka harga pembelian GKP menjadi Rp2.840 per Kg, GKG Rp3.545 dan beras Rp5.260 per Kg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: